Pilkades Serentak di Gayo Lues Berlangsung Aman

Dosaino Ariga · Selasa, 01 Juni 2021 - 08:32:00 WIB
Pilkades Serentak di Gayo Lues Berlangsung Aman
Pilkades Serentak di Kabupaten Gayo Lues, Aceh, Senin (31/5/2021) berlangsung kondusif. Pilkades digelar dengan mengikuti protokol kesehatan. Foto: Istimewa

GAYO LUES, iNews.id - Pemilihan Kepala Desa Serentak (Pilkades) 2021 di Gayo Lues, Aceh, berlangsung aman dan kondusif. Pemilihan dilaksanakan mengikuti protokol kesehatan (prokes) dan menggunakan hak pilihnya tanpa adanya intimidasi pada Senin (31/5/2021).

Sebanyak 11 kecamatan dan 146 desa di Gayo Lues, delapan kecamatan dan 32 desa melaksanakan pilkades. Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) ikut memantau proses pilkades serentak.

"Sejauh ini kami bersama Muspika melakukan monitoring dan semuanya berjalan normal, tertib, dan masyarakat memiliki kesadaran prokes," kata Camat Kutapanjang, Muhammad Isnan.

Muspika Kutapanjang memantau delapan desa yang yang melaksanakan pilkades di wilayah tersebut. Selain Camat Kutapanjang, kapolsek, kepala puskesmas dan KUA setempat ikut memonitor.

Isnan mengatakan, siapapun pemenang dalam pilkades harus didukung masyarakat. Sebab pembangunan desa membutuhkan kolaborasi masyarakat.

"Pembangunan desa tidak mungkin berjalan dengan baik jika masyarakatnya tidak mendukung visi misi kades terpilih,"ujar Isnan.

Ratusan aparat kepolisian dan TNI melakukan pengamanan proses pilkades di seluruh wilayah Gayo Lues. Wakil Bupati Gayo Lues Said Sani menegaskan, pilkades harus dilaksanakan mengikuti prokes.

Editor : Erwin Sihombing