Selamat, USK Banda Aceh Terima Dana Hibah Riset BOPTN dari Kemenristek/BRIN

Antara ยท Senin, 22 Februari 2021 - 10:53:00 WIB
Selamat, USK Banda Aceh Terima Dana Hibah Riset BOPTN dari Kemenristek/BRIN
Ilustrasi dana hibah. (Foto: Istimewa)

ACEH BESAR, iNews.id - Satu dari tiga perguruan tinggi negeri yang menerima dana hibah riset Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) yakni Universitas Syiah Kuala (USK). Peringkat pertama dan kedua adalah Universitas Brawijaya dan Universitas Andalas.

Kepala LPPM USK, Prof Dr Taufik Fuadi Abidin mengatakan, informasi tersebut diperoleh setelah diumumkan oleh Menristek/BRIN Prof Bambang Brodjonegoro di Jakarta. USK masuk tiga besar penerima hibah riset kompetitif nasional untuk perguruan tinggi klaster mandiri di luar Perguruan Tinggi Badan Hukum (Non PTN BH).

Universitas Brawijaya menerima Rp12 miliar dan Universitas Andalas Rp10,9 miliar. Sementara USK  meraih dana riset kompetitif nasional sebesar Rp9,8 miliar dari 82 judul.

Dana hibah penelitian yang diperoleh oleh USK naik signifikan dari tahun sebelumnya. Tahun 2020, USK berhasil mendapatkan dana hibah riset sebesar Rp6,7 miliar. Tahun 2021 bertambah Rp3,1 miliar atau naik sekitar 46,27 persen.

“Alhamdulillah, dari 47 perguruan tinggi klaster mandiri di Indonesia, USK berada di peringkat 3 besar,” kata Taufik.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2