Sempat Kena Jerat, Harimau Betina di Aceh Dilepasliarkan ke Hutan Lindung

Antara · Rabu, 19 Oktober 2022 - 13:37:00 WIB
Sempat Kena Jerat, Harimau Betina di Aceh Dilepasliarkan ke Hutan Lindung
Satu harimau Sumatera dilepasliarkan ke habitat alaminya. Harimau betina itu dilepas di kawasan hutan lindung Sangir, Kabupaten Gayo (Antara)

BANDA ACEH, iNews.id - Satu harimau Sumatera (panthera tigris sumatrae) dilepasliarkan ke habitat alaminya. Harimau betina itu dilepas di kawasan hutan lindung Sangir, Kabupaten Gayo Lues.

"Harimau itu bernama Siti Mulye Putri Reuko. Nama tersebut diberikan masyarakat sebagai bentuk komitmen mereka menjaga satwa dilindungi," kata Kepala BKSDA Aceh Agus Arianto, Rabu (19/10/2022).

Sebelum dilepasliarkan, harimau itu itu sebelumnya menjalani perawatan selama dua bulan.

"Sebelumnya, Siti dievakuasi karena terkena jerat yang menyebabkan kaki kirinya luka. Selanjutnya, harimau tersebut dibawa ke Blangkejeren, untuk menjalani perawatan," kata Agus.

Setelah menjalani perawatan, lanjut Agus, tim medis menyatakan harimau layak dilepasliarkan ke habitatnya. Lokasi pelepasliaran, berada di kawasan hutan lindung Desa Sangir, yang tidak jauh dari tempat harimau tersebut dievakuasi.

"Kawasan hutan yang menjadi tempat pelepasliaran merupakan usulan masyarakat. Masyarakat setempat meyakini harimau tersebut merupakan penghuni kawasan hutan lindung itu, sehingga harus dikembalikan ke tempat asalnya," kata dia.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsAceh di Google News

Bagikan Artikel: