Terseret Arus saat Mandi di Pantai Penyu, Santri di Aceh Tewas Tenggelam

Antara ยท Senin, 29 November 2021 - 15:46:00 WIB
Terseret Arus saat Mandi di Pantai Penyu, Santri di Aceh Tewas Tenggelam
Tim SAR mencari korban tenggelam di laut. (Foto: Sindonews).

ACEH BESAR, iNews.id - Seorang santri bernama Islamuddin (26) ditemukan tewas tenggelam setelah terseret arus. Korban sebelumnya sempat mandi di Pantai Penyu, Leupung, Aceh Besar.

Kepala Kantor SAR Banda Aceh Budiono mengatakan, korban dilaporkan hilang setelah terseret arus saat mandi di Pantai Penyu, Minggu (28/11/2021).

"Korban dilaporkan terseret arus dan hilang saat mandi laut bersama rekannya," kata Budiono, Senin (29/11/2021).

Budiono menambahkan, insiden berawal saat korban bersama santri dan guru Dayah Darul Mufadhal mengunjungi Pantai Penyu di Dayah Mamplam, Kecamatan Leupung, Aceh Besar.

"Mereka bermain bola. Setelah itu, mereka mandi laut bersama. Saat itu, kondisi laut sedang pasang dan ombak besar," kata Budiono.

Berdasarkan keterangan saksi yang juga rekan korban, mereka panik setelah menjauh dari pantai dan kaki mereka tidak dapat menginjak dasar laut. 

"Masing-masing berupaya menyelamatkan diri dengan berenang ke pantai. Namun, korban tidak sanggup berenang dan terseret arus besar dan kemudian hilang," katanya.

Lebih lanjut Budiono mengatakan, SAR Banda Aceh mengerahkan delapan personel mencari korban setelah menerima laporan orang hilang.

"Pencarian juga melibatkan potesi SAR lainnya seperti anggota TNI dan Polri serta masyarakat. Operasi pencarian menggunakan perahu karet dan kendaraan penyelamatan," kata Budiono.

Setelah dilakukan pencarian, lanjut Budiono, tim SAR menemukan korban sekitar 500 meter dari titiknya tenggelam dalam keadaan meninggal dunia.

"Selanjutnya, tim SAR mengevakuasi korban untuk selanjutnya dibawa RSUD Zainoel Abidin. Dengan ditemukannya korban, maka operasi pencarian dihentikan," tutup Budiono.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: