Warga Aceh di Jambi Bangun Meunasah di Lahan 1.000 Meter

Jamal Pangwa · Kamis, 24 Juni 2021 - 10:26:00 WIB
Warga Aceh di Jambi Bangun Meunasah di Lahan 1.000 Meter
Warga Aceh di Jambi membangun Meunasah di atas lahan seluas 1.000 meter. Pembangunan dilakukan secara gotong royong sejak Januari 2021. Foto: iNews.id/Jamal Pangwa

JAMBI, iNews.id - Perkumpulan masyarakat Aceh yang merantau ke Provinsi Jambi tidak lupa asal-usul. Mereka membangun Meunasah atau balai desa khas Aceh secara gotong-royong di atas lahan seluas 1.000 meter.

Ketua Pengurus Pembangunan Meunasah, Tgk Fadhullah mengatakan, Meunasah dua lantai akan dibangun seluas 12x16 meter. Sejauh ini pembangunan tahap pertama sudah mencapai 35 persen.
 
"Masyarakat Aceh yang ada di Jambi lebih kurang sekitar 700 kepala keluarga (KK) yang tersebar di 11 kabupaten/kota," ujar Fadhullah, Kamis (24/6/2021).

Pembangunan Meunasah di Jambi akan berlangsung tiga tahap. Lahan seluas 1.000 meter tadinya merupakan tanah wakaf milik warga Aceh yang difungsikan sebagai sekolah luar biasa (SLB) yang kini sudah dipindahkan ke lokasi lain.

"Alhamdulillah kami sebagai Ketua Pembangunan Meunasah Aceh di Jambi sudah mulai kami wujudkan, sudah 35 persen. Kami rencanakan tiga tahap nantinya, kami mulai pembangunan Meunasah Aceh di Jambi tanggal 1 Januari 2021 sampai sekarang sudah pembesian dan sudah pengecoran 16 tiang lantai dua," tuturnya.

Dia juga memastikan anggaran pembangunan berasal dari seluruh warga Aceh di Jambi. Namun demikian, warga Aceh tidak menolak jika ada warga lain yang mau menyumbang.

Dibutuhkan kira-kira Rp1 miliar untuk menyelesaikan Meunasah yang diproyeksikan bangunannya mirip rumah adat Aceh. Meunasah dua lantai ini akan berdiri di pusat Kota Jambi, dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi sesama warga Aceh.
 

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: