Warga Aceh Utara Andalkan Daun Pisang Usir Kawanan Gajah

iNews.id ยท Selasa, 22 Juni 2021 - 17:55:00 WIB
Warga Aceh Utara Andalkan Daun Pisang Usir Kawanan Gajah
Gajah jantan liar menyerang asisten pawang di Aceh Utara, Selasa (15/6/2021). Konflik gajah dengan manusia di Aceh Utara disebabkan hutan semakin menyempit. Foto: Istimewa

LHOKSUKON, iNews.id - Tidak perlu dentuman peluru atau petasan untuk mengusir kawanan gajah yang masuk permukiman hingga merusak tanaman warga. Sebab warga Desa Blang Mane, Kecamatan Paya Bakong, Aceh Utara, mampu mengusir gajah dengan daun pisang.

Cara itu dilakukan setelah kawanan gajah merusak kebun pisang pinang dan kelapa sawit milik warga pada Minggu (20/6/2021) malam. Warga lantas berinisiatif mengambil daun pisang dan memukulnya dengan kayu hingga menyerupai suara petasan dan menyalahkan obor dari daun pinang kering. 

Kontan saja kawanan gajah pergi karena kaget dan takut. Warga pun bisa kembali tenang meskipun kebunnya sempat dirusak gajah.

Konflik gajah dengan manusia di Aceh masih saja terjadi. Pada Selasa (15/6/2021), asisten mahout terluka karena diserang gajah liar. 

Kepala Resort KSDA Aceh Utara, Nurdin, menyebutkan kasus ini terjadi, karena gajah kehilangan habitatnya akibat perambahan hutan. Sebab konflik gajah liar dengan manusia di Aceh Utara tak lepas dari tingginya kasus pembalakan liar. 

"Insiden penyerangan oleh gajah liar merupakan hal yang sering terjadi, serta risiko terberat bagi para pawang gajah," kata Nurdin.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: