Ilustrasi penangkapan pelaku penimbun BBM subsidi ilegal. (Foto: Ist)
Antara

BANDA ACEH, iNews.id - Dua orang warga Aceh, berinisial HD (24), dan SL (48), ditangkap polisi. Mereka ditangkap karena kedapatan membawa bahan bakar minyak (BBM) jenis solar subsidi. 

Keduanya ditangkap di kawasan Peudawa, Kabupaten Aceh Timur, pada Kamis, (15/9/2022) lalu.

Kasat Reskrim Polres Aceh Timur AKP Miftahuda Dizha Fezuono mengatakan, keduanya pria ini ditangkap setelah pihaknya mendapat laporan dari warga ada mobil bak terbuka mengisi BBM subsidi di sebuah SPBU secara berulang kali.

"Berdasarkan informasi tersebut, kami mengerahkan tim menyelidikinya. Tim juga sempat membuntuti mobil bak tersebut tersebut," katanya.
Kemudian, petugas menghentikan mobil tersebut. Saat dilakukan pemeriksaan, kata dia, pihaknya langsung memeriksa mobil tersebut dan menemukan tandon air ditutupi terpal dengan kapasitas satu ton. Tandon tersebut berisikan BBM subsidi jenis solar sebanyak 250 liter.

Kata dia, modus yang digunakan kedua pelaku saat melancarkan aksinya yakni dengan pengisi BBM ke tangki mobil. Kemudian, dari tangki mobil terdapat selang yang terhubung dengan tandon air.

"Selanjutnya, keduanya memompakan minyak dari tangki mobil ke tandon menggunakan mesin pompa. Mesin pompa diletakkan di jok depan mobil," jelasnya.


Editor : Candra Setia Budi

BERITA TERKAIT