11 Tahun Terbengkalai, Gedung Sekolah Magnet School Akhirnya Diaktifkan

Muhammad Maulidin ยท Jumat, 03 September 2021 - 16:37:00 WIB
11 Tahun Terbengkalai, Gedung Sekolah Magnet School Akhirnya Diaktifkan
Sekumpulan bocah bermain di Gedung Magnet School, Aceh Timur, Jumat (3/9/2021). Foto: iNews.id/Muhammad Maulidin

ACEH TIMUR, iNews.id - Bangunan gedung Magnet School  senilai Rp60 miliar yang didirikan Islamic Development Bank (IDB) tahun 2003 dan rampung pada 2010 akhirnya bisa diaktifkan. Bangunan yang sempat diklaim menjadi gedung pendidikan terbesar di Sumatera ini sempat terbengkalai karena permasalahan anggaran.

Awalnya bangunan gedung diperuntukkan untuk sekolah Madrasah Aliyah Negeri Unggul Terpadu yang mampu menampung 300 ratus siswa setiap tahun. Namun biaya pembangunan dibebankan kepada Pemkab Aceh Timur sehingga menjadi hutang sebesar Rp66 miliar.

"Alhamdulillah masyarakat menyambut antusias pengaktifan gedung pendidikan ini," kata anggota Tim Revitalisasi Magnet School, Naila Amani, Jumat (3/9/2021).

Gedung sekolah tersebut dibangun di atas lahan seluas 2.500 hektare dilengkapi fasilitas asrama putra dan putri, masjid, gedung serba guna, laboratorium, ruang belajar, perpustakaan, perumahan dan pos jaga. Selama ini gedung tidak aktif dan disayangkan banyak pihak hingga muncul petisi.

Elemen masyarakat berinisiatif membuat gerakan melalui Tim Revitalisasi yang didukung sejumlah anggota dewan, dan belakangan didukung oleh mahkamah syariah dan dinas terkait. Meskipun gedung bisa diaktifkan untuk pendidikan, Tim Revitalisasi berharap Pemkab Aceh Timur segera menyelesaikan status kepemilikan gedung.

"Kami mengaktifkannya menjadi SMP Magnet School. Semua elemen pemerintah datang dari dinas, mahkamah, anggota dewan, semua sepakat untuk mengaktifkan sekolah ini," ujarnya.

Editor : Erwin C Sihombing