11 Terdakwa Pembunuhan 5 Gajah di Aceh Jalani Sidang Perdana

Taufan Mustafa ยท Selasa, 23 November 2021 - 14:35:00 WIB
11 Terdakwa Pembunuhan 5 Gajah di Aceh Jalani Sidang Perdana
11 terdakwa kasus pembunuhan lima ekor Gajah Sumatera mulai menjalani sidang. Sidang digelar Majelis Hakim Pengadilan Negeri Calang, Aceh Jaya (Taufan Mustafa/MNC Portal)

Sedangkan dua terdakwa lainnya dengan berkas terpisah didakwa memperniagakan bagian tubuh gajah yakni M Noor B alias Pak Nur bin Alm Bardan dan Isdul Farsi bin Zulkifli. 

Buchori menambahkan, para terdakwa didakwa dengan dakwaan alternatif pertama dan kedua yang mana masing-masing diancam lima tahun penjara. Mereka didakwa melanggar Pasal 40 Ayat (2) UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya Alam Hayati dan ekosistemnya.

"Pertama ini mendengarkan pembacaan dakwaan sedangkan yang kedua akan dilaksanakan dua minggu ke depan yaitu 6 Desember 2021 mendatang. Agendanya mendengarkan keterangan saksi," kata dia.

Sebelumnya, penyidik Polres Aceh Jaya mendapatkan informasi ditemukan lima ekor kerangka gajah di area perkebunan di Gampong Tuwi Periya Kecamatan Pasie Raya, Aceh Jaya.

Berdasarkan hasil uji tim BKSDA dan bukti di tempat kejadian perkara, gajah tersebut mati karena terjerat kawat dengan aliran listrik. Setelah dilakukan penyelidikan, polisi menangkap 11 pelaku dengan lokasi dan waktu penangkapan berbeda-beda. 

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: