5 Fakta Masjid Baiturrahman Aceh, Berdiri Kokoh saat Dilanda Gempa Dahsyat dan Tsunami

Amelia Ayu Aldira ยท Sabtu, 24 September 2022 - 14:30:00 WIB
5 Fakta Masjid Baiturrahman Aceh, Berdiri Kokoh saat Dilanda Gempa Dahsyat dan Tsunami
Fakta Masjid Baiturrahman Aceh, terletak di jantung Kota Provinsi Aceh tetap berdiri kokoh saat dilanda tsunami. (Foto: Antara).

3. Memiliki 12 Payung Raksasa

Masjid Raya Baiturrahman tampak semakin megah dengan didirikannya 12 payung raksasa yang diresmikan oleh Wakil Presiden saat itu, Jusuf Kalla pada Mei 2017.

Selain itu, masjid yang menggunakan balok beton ini juga diganti dengan marmer agar lebih sejuk. Desain payung raksasa sekilas menyerupai Masjid Nabawi di Madinah. 

4. Mampu Menampung 24.400 Jamaah

Sebelum renovasi, masjid hanya bisa menampung 9.000 jamaah. Setelah menyelesaikan proyek pembaruan tersebut, kini Masjid Baiturrahman mampu menampung 24.400 jamaah.

5. Memiliki Parkiran Basement 

Masjid Raya Baiturrahman menyediakan lokasi parkir di basement dan mampu menampung 254 unit mobil dan 347 sepeda motor. Pengunjung hanya perlu membayar Rp2.000 untuk motor dan Rp3.000 untuk mobil. 

Meskipun biaya parkirnya murah, tapi soal keamanan dan kenyamanan tidak diragukan. Saat keluar dari kendaraan, pengunjung akan menemukan ruangan tertutup kaca. 

Untuk masuk ke dalam, pengunjung harus melepas sepatu dan meletakkannya di dekat pintu masuk. Namun, jika takut hilang pengunjung bisa menyimpannya di tempat penyimpanan sandal atau sepatu yang sudah disediakan. 

Kemudian, pengunjung dapat menggunakan eskalator atau tangga untuk masuk ke halaman masjid.

Nah, itu fakta Masjid Baiturrahman Aceh yang sangat terkenal di Indonesia. Masjid ini juga menjadi pusat wisata destinasi favorit masyarakat lokal maupun mancanegara.

Editor : Kurnia Illahi

Follow Berita iNewsAceh di Google News

Bagikan Artikel: