Aceh Besar Langganan Banjir, Bupati Minta Sungai Dinormalisasi

Taufan Mustafa ยท Selasa, 13 Juli 2021 - 09:31:00 WIB
Aceh Besar Langganan Banjir, Bupati Minta Sungai Dinormalisasi
Bupati Aceh Besar Mawardi Ali meminta Balai Sungai untuk menormalisasi Sungai Krueng Daroy. Pendangkalan sungai dan sampah mengakibatkan Aceh Besar langganan banjir ketika intensitas hujan tinggi. Foto: iNews.id/Taufan Mustafa

ACEH BESAR, iNews.id - Bupati Aceh Besar Mawardi Ali mengunjungi korban banjir di empat kecamatan. Bupati menyebut banjir yang terjadi sejak Jumat (9/7/2021) akibat tingginya intensitas hujan dan sungai yang mengalami pendangkalan sehingga tidak bisa menampung debit air.

Dia meminta Balai Sungai untuk menormalisasi Sungai Krueng Daroy. Namun warga juga diimbau untuk menjaga sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Beberapa tahun lalu sudah normalisasi, karena di sini padat penduduknya mungkin banyak sampah dan cepat sekali terjadi sedimen. Ketika intensitas hujan tinggi maka air meluap," kata Mawardi, ketika mengunjungi lokasi banjir di Desa Gue Gajah, Senin (12/7/2021).

Mawardi mengaku akan menyurati Balai Sungai untuk berkoordinasi melaksanakan normalisasi. Terlebih Aceh Besar tergolong menjadi wilayah langganan banjir saat intensitas hujan tinggi.

"Masyarakat memang harus waspada ketika intensitas hujan tinggi tetapi, kita juga harus menjaga sungai bersama. Jangan buang sampah ke sungai, nanti ada gorong-gorong kecil pasti tersumbat," kata Bupati.

Terhadap ratusan warga yang terdampak banjir di empat kecamatan, pemerintah telah menyalurkan bantuan darurat kepada warga. Bantuan yang diberikan berupa sembako dan perlengkapan lainnya. 

Editor : Erwin C Sihombing