Banjir Masih Mengepung Sejumlah Wilayah di Aceh Besar

Taufan Mustafa ยท Senin, 12 Juli 2021 - 17:41:00 WIB
Banjir Masih Mengepung Sejumlah Wilayah di Aceh Besar
Banjir masih mengepung sejumlah wilayah di Aceh Besar hingga Senin (12/7/2021). Kecamatan Darul Imarah menjadi kawasan yang terdampak paling parah. Foto: iNews.id/Taufan Mustafa

ACEH BESAR, iNews.id - Banjir masih mengepung permukiman di sejumlah wilayah di Aceh Besar. Hingga Senin (12/7/2021) siang, sejumlah wilayah masih tergenang bahkan akses warga Desa Gue Gajah, Darul Imarah, sulit dilalui.

Kepala BPBD Aceh Besar, Farhan, masih melakukan pendataan untuk memastikan jumlah warga yang terdampak. Namun sejauh ini diketahui 283 rumah terendam.

"Sampai tadi siang sekitar 283 rumah yang terendam, cuma karena dari siang hujan lagi otomatis ada penambahan. Namun kami belum data karena kami fokus pada evakuasi warga di asrama, pesantren, panti asuhan, maupun warga yang berdomisili di kampung-kampung," kata Farhan.

Menurut Farhan, Kecamatan Darul Imarah merupakan kawasan yang terdampak paling parah dari banjir akibat tingginya intensitas hujan. Sebagian warga sudah mengungsi pada posko yang disediakan pemerintah namun tidak sedikit yang memilih bertahan.

Salah seorang warga, Anwar, mengatakan, banjir kali ini lebih parah dari tahun sebelumnya karena bukan hanya tingginya intensitas hujan tetapi, drainase yang tidak lagi memadai. Dia berharap pemerintah melakukan perbaikan drainase atau menormalisasi sungai di kawasan tersebut.

"Mungkin selain hujan ada drainase tersumbat atau volume debit air dari sungai bertambah sehingga meluap," ujarnya.

Editor : Erwin C Sihombing