Sadis, Gajah Sumatera di Aceh Timur Ditemukan Mati Terpenggal

Antara ยท Senin, 12 Juli 2021 - 14:42:00 WIB
Sadis, Gajah Sumatera di Aceh Timur Ditemukan Mati Terpenggal
Petugas BKSDA memeriksa bangkai gajah di Aceh. Foto: Ilustrasi/Antara

BANDA ACEH, iNews.id - Gajah jantan sumatera ditemukan mati tanpa kepala atau terpenggal di Kecamatan Banda Alam, Aceh Timur, Aceh, Minggu (11/7/2021). Kepala BKSDA Aceh, Agus Rianto menduga gajah tersebut mati karena perburuan gading.

"Setelah kami menerima informasi dari kepolisian ada seekor gajah mati, kami langsung mengerahkan tim ke lokasi. Dugaan sementara, gajah tersebut mati karena perburuan gading," kata Agus, Senin (12/7/2021).

Bangkai gajah, lanjut Agus, ditemukan di kawasan Jambo Reuhad. Kemungkinan pelaku memenggal kepala gajah dan membawa ke tempat lain untuk mengambil gading.

"Ini dugaan sementara. Untuk pastinya akan dilakukan olah tempat kejadian perkara serta nekropsi atau autopsi guna memastikan penyebab kematian gajah tersebut," ujar Agus.

Tim BKSDA bersama petugas Polres Aceh Timur dan Balai Penegakan Hukum (Gakkum) Lingkungan Hidup dan Kehutanan masih menyelidiki penyebab kematian satwa dilindungi tersebut. Gajah sumatera termasuk satwa liar yang dilindungi karena terancam punah.

"Kami terus berkoordinasi dengan kepolisian dan Balai Gakkum untuk memastikan penyebab kematian. Dugaan sementara karena perburuan," kata Agus.

Editor : Erwin C Sihombing