BMKG : Waspada Gelombang Tinggi di Aceh hingga 6 Meter selama 3 Hari ke Depan

Antara ยท Jumat, 06 Mei 2022 - 16:08:00 WIB
BMKG : Waspada Gelombang Tinggi di Aceh hingga 6 Meter selama 3 Hari ke Depan
Ilustrasi BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi hingga 6 meter di Pantai Barat Selatan Aceh selama tiga hari ke depan. (Foto: Ist)

BANDA ACEH, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi tinggi gelombang di wilayah Pantai Barat Selatan Aceh selama tiga hari ke depan, mulai Jumat hingga Minggu (8/5/2022). Ketinggian gelombang diperkirakan berkisar antara 4 hingga 6 meter.

Koordinator Data dan Informasi Stasiun Meteorologi SIM Banda Aceh Zakaria mengatakan, potensi terjadinya gelombang tinggi tersebut berada di perairan Pantai Selatan Aceh meliputi, Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Pulau Simeulue serta Aceh Singkil hingga Nias.

"Ketinggian gelombang laut mencapai 6 meter ini sangat berbahaya bagi aktivitas pelayaran kapal penyeberangan," katanya, Jumat (6/5/2022).

Menurutnya, puncak gelombang tinggi diperkirakan terjadi pada Minggu (8/6/2022) mendatang. Selain membahayakan aktivitas pelayaran, tingginya gelombang laut tersebut juga sangat membahayakan keselamatan nelayan yang akan mencari ikan di laut lepas.

"Bagi nelayan yang mau melaut, kami sarankan agar mencari ikan di sekitar pinggir pantai tidak jauh dari daratan. Karena kalau ke laut lepas sangat berbahaya," ujarnya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: