Cara Qodho Sholat Maghrib di Waktu Isya, Simak Bacaan Niat, Arab, Latin, Arti serta Urutannya

Kastolani · Senin, 26 September 2022 - 19:20:00 WIB
Cara Qodho Sholat Maghrib di Waktu Isya, Simak Bacaan Niat, Arab, Latin, Arti serta Urutannya
Cara qodho sholat maghrib di waktu Isya lengkap dengan bacaan niat dan tata caranya. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Cara qodho sholat maghrib di waktu Isya penting diketahui Muslim jika tertinggal atau terlupa mengerjakannya. Sebab, sholat yang merupakan rukun Islam kedua merupakan ibadah wajib yang harus ditunaikan Muslim di mana pun dan dalam kondisi apa pun.

Secara bahasa, qodho banyak mengandung arti di antaranya perintah, penunaian dan penyempurnaan. Sedangkan secara istilah, qodho artinya mengerjakan kewajiban setelah lewat waktunya atau mengerjakan ibadah yang telah keluar waktunya.

Dalil sholat qodho yakni hadits Nabi SAW:

مَنْ نَسِيَ صَلاَةً فَلْيُصَلِّ إِذَا ذَكَرَهَا، لاَ كَفَّارَةَ لَهَا إِلَّا ذَلِكَ {وَأَقِمِ الصَّلاَةَ لِذِكْرِي}

 “Siapa saja diantara lupa melaksanakan shalat, maka hendaklah ia mengerjakan shalat tersebut ketika ia ingat, tidak ada tebusan selain dengan melaksanakan shalat tersebut”. (HR Bukhori). 

Dalam riwayat lainnya, Imam Muslim meriwayatkan:

إذا رقد أحدكم عن الصلاة، أو غفل عنها، فليصلها إذا ذكرها

“Jika diantara kalain ada yang tertidur dari melaksanakan shalat, atau lalai (lupa) darinya, maka hendaklah dia mengerjakan shalatnya ketika dia ingat”

Direktur Rumah Fiqih Indonesia, Ahmad Sarwat MA menjelaskan, qodho sholat yang terlewat ini merupakan hal yang telah disepakati oleh seluruh ulama, tanpa kecuali. Dalam pelaksanaannya, sholat qodho ini mempunyai beberapa ketentuan dan aturan.

Cara qodho sholat maghrib di waktu Isya

Sholat merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan tiap Muslim yang sudah baligh dan berakal. Karena itu, jika tertinggal atau lupa mengerjakannya karena suatu hal harus segera mengerjakannya begitu ingat.

Cara qodho sholat maghrib di waktu Isya ini sama seperti sholat maghrib pada waktu normal dalam artian dikerjakan pada waktunya. Perbedaannya hanya pada bacaan niatnya yakni ada penambahan kalimat qodho'an. Qodho sholat maghrib juga bisa dilakukan berjamaah.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: