Cerita Sulthanah Shafiatuddin, Putri Sultan Iskandar Muda yang Sukses Pimpin Kerajaan Aceh

Masdarul KH · Rabu, 29 Desember 2021 - 09:08:00 WIB
Cerita Sulthanah Shafiatuddin, Putri Sultan Iskandar Muda yang Sukses Pimpin Kerajaan Aceh
Pemimpin perempuan pertama di Kerajaan Aceh Darussalam, Sulthanah Shafiatuddin (Wikipedia/Lukisan Karya Hanataturi)

BANDA ACEH, iNews.id - Aceh menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang mencetak pejuang perempuan hebat. Mulai dari Cut Nyak Dien, Laksamana Malahayati, hingga Cut Muetia yang menjadi pahlawan di bumi Serambi Mekah.

Ternyata, masih ada satu lagi perempuan hebat di Aceh. Dia merupakan pemimpin perempuan pertama di Kerajaan Aceh Darussalam. Dia muncul jauh sebelum nama-nama pahlawan nasional besar itu muncul, sosok perempuan hebat bernama Sulthanah Shafiatuddin.

Sulthanah Shafiatuddin merupakan istri dari di Kerajaan Aceh Darussalam. Pro dan kontra pun muncul saat Shafiatuddin memimpin Kerajaan Aceh Darussalam.

Ini terjadi saat Sultan Iskandar Tsani, wafat sehingga sulit untuk mencari penggantinya. Terlebih di keluarga Sultan Iskandar Tsani, tidak ada keturunan laki-laki.

Dilansir dari nu.online.id, untuk menggantikan Sultan Iskandar Tsani yang mangkat, muncul pertimbangan mengangkat sang istri, Ratu Shafiatuddin Syah sebagai Sulthanah di Kerajaan Aceh Darussalam.

Shafiatuddin merupakan anak dari Sultan Iskandar Muda. Dia merupakan putri tertua Raja yang memimpin Kerajaan Aceh Darussalam di era 1636-1641 tersebut.

Sultan Iskandar Muda yang wafat pada 1636 tidak mempunyai putra mahkota. Sepeninggalan Sultan Iskandar Muda, posisi kepemimpinan digantikan oleh menantunya yakni Sultan Iskandar Tsani.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: