Cerita Tahanan Satpol PP-WH Aceh Masuk Islam setelah Sering Ikut Pengajian

Antara · Jumat, 11 Desember 2020 - 18:44:00 WIB
Cerita Tahanan Satpol PP-WH Aceh Masuk Islam setelah Sering Ikut Pengajian
Yulianus Dahude (24) tahanan Qanun Satpol PP-WH Aceh masuk Islam dengan mengucapkan dua kalimat syahadat. (Foto: Antara)

BANDA ACEH, iNews.id – Yulianus Dahude (24) warga Nias, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang sedang ditahan Satpol PP dan Wilayatul Hisbah (WH) Aceh memeluk agama Islam. Yulianus mengucapkan dua kalimat syahadat di Musala Kantor Satpol PP dan WH.

"Salah seorang tahanan bernama Yulianus Dahude asal Nias Selatan yang sudah dua pekan berada di tahanan sudah mengucapkan dua kalimat syahadat dan memeluk agama Islam," kata Kepala Satpol PP dan WH Aceh Jalaluddin, Jumat (11/12/2020).

Jalaluddin mengatakan, kepindahan keyakinan yang bersangkutan tidak ada unsur paksaan melainkan niat dari diri sendiri, apalagi selama di tahanan ia juga mendapatkan pengajian serta penerangan agama Islam.

"Dalam tahanan ada program pengajian penerangan agama Islam, rupanya dia ada niat dan cepat kita sahuti, dan kami tanya, keterangannya bahwa itu atas kesadaran sendiri sehingga hari ini kita mensyahadatkannya," ujarnya.

Setelah memeluk Islam, kata Jalaluddin, Yulianus diberi nama baru Muhammad Yulianus Dahude, dan diharapkan ke depannya yang bersangkutan bisa menjadi penganut agama Islam sejati.

Jalaluddin menjelaskan, Yulianus ditahan oleh Satpol PP dan WH Aceh karena tertangkap sedang berduaan dengan perempuan yang bukan muhrimnya atau khalwat dan diduga telah melanggar qanun (peraturan daerah) tentang syariat Islam.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2