Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia, Tak Terlalu Pahit Tingkat Keasaman Seimbang

Faqihah Husnul Khatimah · Rabu, 07 September 2022 - 17:48:00 WIB
Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia, Tak Terlalu Pahit Tingkat Keasaman Seimbang
Daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia, beberapa di antaranya mendapatkan penghargaan internasional. (Foto: Istimewa).

ACEH, iNews.id – Daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia, beberapa di antaranya mendapatkan penghargaan internasional. Kopi yang dihasilkan memiliki cita rasa tinggi hingga terkenal di luar negeri. 

Iklim tropis membuat tanaman kopi tumbuh subur di Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), produksi kopi di Indonesia mencapai 762 ton pada 2020. 

Ini deretan daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia:

1. Aceh

Terkenal memiliki kopi arabika terbaik, yaitu kopi Gayo. Daerah perkebunan kopi di dataran tinggi Gayo dianggap sebagai sumber kehidupan bagi masyarakat Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah. 

Sebagian besar penduduk di sana menggantungkan hidupnya dari komoditas ini. Bahkan, kopi Gayo sudah diekspor ke Eropa dan Amerika.

Kopi Gayo diklaim beberapa pecinta kopi sebagai kopi yang bercita rasa sangat nikmat. Tidak terlalu pahit dengan tingkat keasaman yang seimbang. Biji kopinya bertekstur padat, berwarna pekat dan beraroma khas. 

Untuk menjaga cita rasa, petani di dataran tinggi Gayo mengolah biji kopi secara alami dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Kopi Gayo sempat masuk nominasi The Best No 1 dalam International Conference on Coffee Science pada 2010. 

Aceh ibarat surganya kopi. Selain kopi Gayo, Aceh juga memiliki kopi robusta yang tak kalah nikmat, yaitu kopi Ulee Kareng. Berasal dari Aceh Jaya dan sebagian dataran rendah wilayah barat Aceh.

2. Mandailing, Sumatera Utara

Memiliki kopi arabika yang menjadi favorit banyak orang. Perkebunan kopi di Mandailing memiliki keuntungan karena terletak berdekatan dengan Bukit Barisan. 

Hawa sejuk dan kekayaan tanah vulkanik menjadikan biji kopi ini unggul. Kopi Mandailing pernah dinobatkan sebagai salah satu kopi terbaik di dunia. 

Prestasi ini karena dinilai memiliki keistimewaan yang berbeda dibandingkan dengan jenis kopi lainnya. Rasa kopi Mandailing tidak terlalu pahit atau asam sehingga nyaman di perut. 

Aroma kopinya juga unik karena memiliki campuran rempah, cokelat, bunga dan buah-buahan.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: