Gubernur Aceh Buka Peluang Jalin Kerja Sama Pendidikan dengan Palestina

Antara · Rabu, 28 April 2021 - 10:09:00 WIB
 Gubernur Aceh Buka Peluang Jalin Kerja Sama Pendidikan dengan Palestina
Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT menerima kunjungan silaturahmi Ulama Palestina Syeikh Nasheef Nasher di Pendopo Gubernur Aceh (ANTARA)

BANDA ACEH, iNews.id - Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan telah menginstruksikan Kadisdik Dayah Aceh, Zahrol Fajri, dan Kepala Biro Isra Setda Aceh Usamah el Madny, untuk membuka peluang kerja sama dengan Palestina. Kerja sama itu, setidaknya bisa memberikan kesempatan bagi anak-anak Palestina untuk bersekolah di Aceh.

Hal itu diungkapkan Nova sewaktu menerima kunjungan Ulama Palestina, Syeikh Nasheef Nasher, di Meuligoe Gubernur Aceh, Rabu (28/4/2021). Pada kesempatan tersebut, Nova secara langsung menyatakan bahwa masyarakat Aceh berkomitmen untuk terus mendukung Palestina.

“Segera dipelajari dan rumuskan, apa bentuk kerjasama yang boleh dan bisa dilakukan antara Aceh dan Palestina, karena kondisi Palestina yang belum kondusif, mungkin bisa kita undang anak-anak Palestina untuk bersekolah atau menimba ilmu di dayah-dayah kita,” kata Nova.

Nova menjelaskan, Pemerintah Aceh rutin mengundang Imam dari Palestina untuk mengimami Shalat ‘Isya, Tarawih dan Witir berjama’ah di Masjid Raya Baiturrahman. Namun karena pandemi Covid-19, Ramadan tahun ini Pemerintah Aceh tidak mengundang Imam dari Palestina.

Syeikh Nasheef menyampaikan rasa terima kasih kepada rakyat Aceh dan Indonesia secara lebih luas atas berbagai dukungan dan bantuan yang telah diberikan selama ini.

Dalam kunjungannya ke Aceh, Syeikh Nasheef didampingi Ketua Umum Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Aceh Afrial Hidayat, Pegiat Kemanusiaan Makhyaruddin Yusuf, Sekretaris KNRP Aceh Emil Salim, Bendahara KNRP Aceh Jifri dan sejumlah relawan KNRP lainnya.

Editor : Erwin Sihombing