Kasus Investasi Bodong Pakaian Muslim Rp20 Miliar di Aceh Naik Tahap Penyidikan

Antara · Senin, 22 Februari 2021 - 20:56:00 WIB
Kasus Investasi Bodong Pakaian Muslim Rp20 Miliar di Aceh Naik Tahap Penyidikan
Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy. (Foto: Antara)

BANDA ACEH, iNews.id - Polda Aceh mengusut dugaan investasi bodong yang diduga dilakukan sebuah perusahaan penjualan pakaian muslim dengan nilai mencapai Rp20 miliar.

Saat ini, pengusutan kasus dugaan investasi bodong tersebut sudah ditingkatkan ke tahap penyidikan.

"Kasus ini sudah di tahap penyidikan, namun penyidik belum menetapkan tersangkanya. Perusahaan dalam kasus ini adalah Yalsa Butik, menjual pakaian muslim," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy, Senin (22/2/2021).

Dia menyebutkan, dalam kasus ini pemilik perusahaan berinisial Y yang menghimpun dana masyarakat tanpa ada izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun Bank Indonesia.

Jumlah dana yang sudah dihimpun, kata Kombes Pol Winardy, mencapai Rp20 miliar. Dana tersebut dihimpun dari 3.755 orang dengan investasi mulai Rp500.000 hingga puluhan juta rupiah.

"Dalam kasus ini, pemilik Yalsa Butik menggandeng orang yang disebut reseller. Reseller merekrut member untuk investasi. Reseller sebanyak 225 orang dan member mencapai 3.755 orang," kata Kombes Pol Winardy.

Kabid Humas mengatakan, setiap member dijanjikan laba dari penjualan pakaian berkisar 30-50 persen. Namun, dalam perjalanan, pemilik usaha menghentikan penyetoran dan menyatakan uang yang sudah disetor hangus semuanya.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2