Kebun Kopi dan Kayu Manis Milik Warga di Aceh Tengah Tertimbun Longsor

yusriadi ยท Rabu, 09 Juni 2021 - 11:20:00 WIB
Kebun Kopi dan Kayu Manis Milik Warga di Aceh Tengah Tertimbun Longsor
Warga di Silih Nara, Aceh Tengah, merugi akibat lahan kebun kopi, kemiri dan kayu manis tertimbun longsor. Diduga longsor terjadi dampak dari pembangunan PLTA Peusangan yang dikerjakan Pembangunan Perumahan (PP) Persero. Foto: Istimewa

TAKENGON, iNews.id - Kebun kopi, kemiri, dan kayu manis milik warga di Silih Nara, Aceh Tengah, tertimbun longsor. Diduga longsor terjadi dampak dari pembangunan PLTA Peusangan yang dikerjakan Pembangunan Perumahan (PP) Persero.

Longsor mengakibatkan luas hamparan 5 hektare kebun milik warga tertimbun material bebatuan besar dan kecil. Warga curiga longsor terjadi akibat PP memasang pipa yang mengarah ke kebun tanpa pemberitahuan.

"Jadi sengaja orang itu tanpa pemberitahuan memasang pipa tanpa memberitahu masyarakat kegunaan pipa itu. Tanggal 12 April 2021 kemarin kebetulan hujan deras, ini kejadiannya mengakibatkan longsor kurang lebih 5 hektare di satu hamparan ini," kata seorang pemilik kebun, Ali Mustafa, Rabu (9/6/2021).

Ali mengatakan, warga telah beberapa kali menanyai masalah ini kepada PP namun tidak mendapat jawaban yang pasti. PP malah mengarahkan warga untuk melaporkan masalah ini ke pihak PLTA Peusangan.

"Kita dibikin seperti bola. Disuruh ke PP habis itu disuruh ke PLTA," ujar Ali.

Warga merasa dirugikan atas peristiwa ini. Apalagi tidak ada tindakan konkret pemulihan dari pelaksana proyek. 

PP Persero di Desa Bius Utama, Silih Nara, menolak memberi penjelasan ketika dimintai konfirmasi. PP meminta persoalan ini ditanyakan kepada PLN selaku pemilik proyek.

Editor : Erwin Sihombing