Kemenag Pastikan Hanya 38 Travel Umrah di Aceh Berizin, Ini Daftarnya

Antara · Rabu, 23 Desember 2020 - 14:17:00 WIB
Kemenag Pastikan Hanya 38 Travel Umrah di Aceh Berizin, Ini Daftarnya
Ilustrasi umrah. (Foto: AFP)

BANDA ACEH, iNews.id - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh mengingatkan umat Islam untuk waspada agar tidak menjadi korban penipuan penyelenggara atau travel umrah. Saat ini, hanya ada 38 travel umrah di Aceh yang memiliki izin.

"Sebanyak 38 travel umrah yang mendapatkan izin di Aceh ini tergabung dalam Komunitas Travel Umrah dan Haji Aceh (Katuha)," kata Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Iqbal di Banda Aceh, Rabu (23/12/2020).

Menurut Iqbal, daftar perusahaan penyelenggara umrah ini perlu disampaikan ke masyarakat. Ini mengingat masih banyak terjadi kasus penipuan hingga merugikan calon jemaah umrah Aceh.

"Ini perlu kami sampaikan supaya masyarakat mengetahui mana travel yang memiliki izin dan mana yang tidak mempunyai izin," ujarnya.

Iqbal menegaskan, pihaknya akan terus mengawasi travel umrah tersebut. Kemenag juga akan memanggil mereka secara berkala untuk memberikan informasi serta sebagai langkah antisipasi penyelewengan yang merugikan jemaah umrah.

"Kami terus melakukan pengawasan. Kalau terjadi penyelewengan di lapangan, maka kami lakukan tindakan tegas dan membatalkan izin mereka," kata Iqbal.

Iqbal juga mengingatkan kepada seluruh travel umrah di Aceh yang sudah memiliki supaya benar-benar menjalankan kegiatan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2