Ketegangan Warga dan Pemkab Warnai Peletakan Pilar Batas 2 Desa Plu Pakam dan Blang Pante

Armia Jamil ยท Senin, 22 Februari 2021 - 12:56:00 WIB
Ketegangan Warga dan Pemkab Warnai Peletakan Pilar Batas 2 Desa Plu Pakam dan Blang Pante
Ketengangan antara warga Desa Desa Plu Pakam, Kecamatan Tanah Luas dengan Pemda Aceh Utara. (Foto: iNews/Armia Jamil)

ACEH UTARA, iNews.id – Satu dari tiga pilar atau patok batas desa Desa Plu Pakam, Kecamatan Tanah Luas dan Desa Blang Pante, Kecamatan Paya Bakong di lokasi proyek strategis nasional Waduk Keuruto berhasil dipasang Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh. Sementara dua patok lainnya masih belum berhasil dipasang karena ada penolakan dari warga Desa Plu Pakam. 

Pemasangan patok atau pilar ini berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 1 tahun 2021 tentang Penetapan dan Penegasan batas wilayah kedua desa.

Dalam proses pemasangan pilar ini terhambat beberapa jam lantaran menuai protes dari masyarakat Desa Plu Pakam. Warga desa ini tak mau pilar tersebut dipasang di tempat yang telah ditentukan oleh Pemkab Aceh Utara.
 
Sekretaris Desa Plu Pakam, Samsul Bahri mengatakan, pihaknya memang menerima dan mengakui posisi pemasangan pilar di lokasi pertama. Lokasi tersebut sudah sesuai karena dulunya merupakan sungai yang telah ditimbun menjadi jalan di areal proyek waduk.

Sementara untuk pemasangan pilar kedua dan ketiga ditolak warga. Alasannya, lahan di lokasi tersebut masih bersengketa meski telah diputuskan oleh Pengadilan Negeri Lhoksukon, Aceh Utara.

Editor : Umaya Khusniah