Ketua MPR Senang Puluhan Mahasiswa Papua Berkuliah di Universitas Syiah Kuala

Antara ยท Jumat, 11 Juni 2021 - 13:09:00 WIB
Ketua MPR Senang Puluhan Mahasiswa Papua Berkuliah di Universitas Syiah Kuala
Rektor USK Prof Samsul Rizal (kanan) memberikan cenderamata kepada Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri) usai memberikan sosialisasi empat pilar kebangsaan di kampus USK, Banda Aceh, Kamis (10/6/2021). Foto: Antara

BANDA ACEH, iNews.id - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) senang mengetahui puluhan mahasiswa asal Aceh berkuliah di Universitas Syiah Kuala (USK), Aceh. Bamsoet mengapresiasi kampus dan menilai langkah tersebut penting agar terjadi interaksi lintas budaya dalam bidang pendidikan.

Bamsoet menyampaikan hal itu ketika mengunjungi USK untuk mengisi kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan, Kamis (10/6/2021). Bamsoet mengisi materi dan berharap tidak terjadinya pertentangan antara nasionalisme dengan agama.

"Saya memberikan apresiasi atas pembinaan Syiah Kuala kepada para mahasiswa yang berasal dari Papua," kata dia.

Kepala Biro Kemahasiswaan USK, Mustafa Sabri menyebutkan, mahasiswa asal Papua yang masih mengenyam pendidikan dengan bantuan beasiswa afirmasi dari Kemendikbud di USK sebanyak 46 orang. Mahasiswa Papua tersebut terdiri dari empat angkatan mulai 2017-2020. 

"Mereka semua kuliah dengan beasiswa afirmasi pendidikan tinggi Papua. Diberikan setiap semester," kata Mustafa.

Mustafa menyampaikan, mahasiswa Papua tersebut saat pertama masuk kampus diwajibkan tinggal di asrama. Setelah itu dipersilakan jika ingin mencari tempat tinggal sendiri.

"Beasiswa mereka itu diberikan dari pertama kuliah, hampir sama dengan mahasiswa bidikmisi," demikian Mustafa.

Editor : Erwin Sihombing