Mengenal Cakrabirawa, Pasukan Setia kepada Presiden Dibubarkan setelah G30S/PKI

Sintia Putri Balqis ยท Selasa, 27 September 2022 - 16:20:00 WIB
Mengenal Cakrabirawa, Pasukan Setia kepada Presiden Dibubarkan setelah G30S/PKI
Mengenal Cakrabirawa (Tjakrabirawa), pasukan pengamanan presiden yang setia. (Foto: Film G30S/PKI).

ACEH, iNews.id – Mengenal Cakrabirawa (Tjakrabirawa), pasukan pengamanan presiden yang setia. Mendengar namanya, selalu teringat kejadian Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI).

Pasukan Cakrabirawa dibentuk untuk melindungi presiden dari berbagai ancaman atau penyerangan. Lantas, bagaimana proses pembentukan pasukan ini hingga akhir masa jayanya?

Berikut Ulasan Singkat untuk Mengenal Cakrabirawa :

1. Pembentukan Cakrabirawa

Resimen ini dibentuk dalam rangka meningkatkan kemampuan pengamanan Presiden Soekarno, yang semula hanya dikawal oleh Detasemen Kawal Pribadi (DKP) di bawah pimpinan Komisaris Besar Polisi Mangil Martowidjoyo.

Tjakrabirawa diresmikan oleh Soekarno pada 6 Juli 1963 di Wina, Austria ditandai melalui Surat Keputusan Nomor 211/PLT/1962. Peresmian ini diselenggarakan melalui upacara sederhana.  Soekarno menyerahkan baret merah tua dan tongkat komando kepada Sabur berpangkat Letnan Kolonel yang berencana membuat pasukan pengawal Istana Presiden. 

Pasukan Tjakrabirawa merupakan gabungan dari orang-orang pilihan di matra TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), Angkatan Udara (AU) dan Kepolisian.

Soekarno memberikan nama Cjakrabirawa karena kesukaannya kepada pertunjukkan wayang. Tjakrabirawa merupakan senjata ampuh milik Batara Kresna yang dapat menumpas semua kejahatan di dalam lakon wayang purwa. 

Semboyan dari pasukan Cakrabirawa, yakni “Dirgayu Satyawira” yang artinya Prajurit Setia Berumur Panjang. 

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsAceh di Google News

Bagikan Artikel: