Mensos Risma Pastikan Penyaluran Bansos Tunai di Aceh Sudah Berproses

Widya Michella · Kamis, 22 Juli 2021 - 16:07:00 WIB
Mensos Risma Pastikan Penyaluran Bansos Tunai di Aceh Sudah Berproses
Mensos Tri Rismaharini memastikan pencairan bansos tunai untuk Aceh sudah berproses. Foto: iNews.id/Widya Michella

JAKARTA, iNews.id - Mensos Tri Rismaharini memastikan penyaluran bantuan sosial tunai (BST) di Aceh sudah berproses. Penyaluran bansos di Aceh sebelumnya sempat terhenti dua bulan karena perbedaan prosedur penyaluran.

Menurut Risma, Aceh menyalurkan uang bansos melalui Bank Syariah Indonesia sehingga mengalami keterlambatan. Sementara provinsi atau wilayah lain menyalurkannya melalui PT Pos Indonesia.

"Mungkin ada masalah dengan yang di Aceh karena Gubernur Aceh minta ke Bank Syariah Aceh tapi setelah dievaluasi oleh Kementerian Keuangan tidak mungkin, jadi itu ada standar-standar kelola uang sekian. Akhirnya diputuskanlah kita menggunakan Bank Syariah Indonesia (BSI), nah ini sekarang lagi kita proses melalui BSI sudah mulai proses," kata Risma, di Jakarta, Rabu (21/7/2021).

Dia mengaku sudah melakukan pengecekan dan menemukan sejumlah wilayah sudah menyalurkan atau mencairkan BST. Sebab wilayah-wilayah tersebut menyalurkannya melalui PT Pos Indonesia. 

"Kemarin saya cek di beberapa daerah sudah mulai cair, mereka lebih cepat karena karena melalui PT Pos Indonesia. Kalau melalui PT Pos Indonesia nama keliru dikit enggak apa apa,"ujarnya.

Risma juga menyebutkan, BST untuk wilayah Jakarta sudah disalurkan. Penyalurannya pun melalui PT Pos Indonesia bukan melalui Bank DKI seperti yang diminta Gubernur Anies Baswedan.

"Mereka (Bank DKI) tidak sanggup karena dia butuh satu setengah bulan untuk mencetak kartu dan sebagainya. Oleh karena itu, kemarin saya sudah sampaikan kepada Bapak Presiden Joko Widodo, Pak kita lanjutkan lewat PT Pos Indonesia karena kita berharap satu minggu ini kelar," tuturnya.

Editor : Erwin C Sihombing