Peninggalan Kerajaan Samudera Pasai, Kerajaan Islam Pertama di Nusantara

Reza Rizki Saputra ยท Selasa, 13 September 2022 - 16:29:00 WIB
Peninggalan Kerajaan Samudera Pasai, Kerajaan Islam Pertama di Nusantara
Peninggalan Kerajaan Samudera Pasai, Lonceng Cakra Donya (Antara)

JAKARTA, iNews.id - Peninggalan kerajaan Samudra Pasai berada di Provinsi Aceh. Peninggalan kerajaan Islam pertama di Indonesia perlu kamu ketahui untuk menambah pengetahuan.

Kerajaan Samudera Pasai adalah kerajaan Islam pertama di Nusantara. Kerajaan ini berjaya hingga 3 abad. Terhitung dari abad ke-13 hingga abad ke-16.

Pendiri Kerajaan Samudera Pasai adalah Sultan Malik Al-Saleh tau Marah Silu. Kerajaan ini berjaya dan berkembang pesat.

Tak hanya itu Samudra Pasai juga berhasil menjadi pusat perdagangan dunia, karena letaknya yang sangat strategis berada di dekat Selat Malaka, atau lebih tepatnya di Kota Lhokseumawe, Aceh.

Raja yang berhasil membawa Kerajaan Samudera Pasai mencapai puncak kejayaan adalah Sultan Mahmud Malik Az Zahir, yang berkuasa sekitar tahun 1326 hingga 1345 M. 

Kejayaan Kerajaan Samudera Pasai dapat terlihat dari aktivitas perdagangan yang maju dan ramai. Selain itu, mereka juga sudah menggunakan koin emas sebagai alat pembayaran, serta menjadi pusat perkembangan agama Islam di Sumatera.

Setelah tiga abad berkuasa, Kerajaan Samudera Pasai runtuh pada abad ke-16. Salah satu penyebabnya ketika Kerajaan Samudera Pasai di bawah pemerintahan Sultan Zain Al-Abidin, Kerajaan Samudera Pasai ditaklukkan oleh Portugis pada tahun 1521.

Kondisi seperti ini kemudian dimanfaatkan oleh Sultan Ali Mughayat Syah, raja Kerajaan Aceh Darussalam untuk mengambil alih Kerajaan Samudera Pasai. Meski sudah runtuh, kejayaan Samudra Pasai masih tersisa lewat peninggalan.

Berikut beberapa peninggalan Kerajaan Samudera Pasai:

Peninggalan Kerajaan Samudera Pasai, Makam Sultan Malik Al-Saleh (Unimal)
Peninggalan Kerajaan Samudera Pasai, Makam Sultan Malik Al-Saleh (Unimal)

 

1. Makam Sultan Malik Al-Saleh

Peninggalan Kerajaan Samudera Pasai yang pertama yaitu Makam Sultan Malik Al-Saleh. Dia merupakan pendiri sekaligus raja pertama Kerajaan Samudera Pasai. Kerajaan Samudera Pasai meninggalkan jejak berupa beberapa makam dengan batu nisan yang indah bentuknya.

Makam dengan angka tahun 1297 M ini diklaim sebagai batu nisan tertua yang ditemukan. Batu nisan pada makam Sultan Malik Al-Saleh menunjukkan bukti adanya pengaruh Islam dari Gujarat di Samudera Pasai.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: