Polri Ungkap Ada Garis Ibu dari Pria yang Diduga Polisi Hilang saat Tsunami Aceh 

Putranegara Batubara · Jumat, 11 Juni 2021 - 16:29:00 WIB
Polri Ungkap Ada Garis Ibu dari Pria yang Diduga Polisi Hilang saat Tsunami Aceh 
Direktur RSJ Aceh Makhrozal memberikan keterangan terkait pasiennya yang diduga anggota Brimob Polda Aceh dan hilang 16 tahun lalu saat tsunami Aceh. Foto: iNews/Syukri Syarifuddin

JAKARTA, iNews.id - Polri menemukan adanya titik terang untuk memastikan identitas anggota Brimob yang dilaporkan hilang ketika tsunami Aceh tahun 2004 dan kini ditemukan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Banda Aceh. Hasil pemeriksaan terhadap pasien RSJ itu memiliki garis awal dari keluarga ibu.

Kapusdokkes Polri Brigjen Rusdianto mengatakan, dibutuhkan beberapa tahap pemeriksaan untuk memastikan pasien tersebut merupakan Asep, anggota Brimob yang hilang. Dibutuhkan tes DNA lanjutan untuk memastikan pasien identik dengan korban hilang.

"Dari garis awal sudah ditemuin dari garis ibu kayaknya. Jadi perlu crosscheck lagi dari garis ibu," kata Rusdianto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (11/6/2021).

Rusdianto menyebutkan, tim membutuhkan waktu untuk mencocokkan DNA pasien tersebut dengan DNA keluarga Asep. Apalagi pemeriksaan ini memerlukan kehati-hatian.

"Sudah (diambil DNA). Tunggu hasilnya, secepatnya," ujarnya.

Sebelumnya beredar informasi di media sosial (medsos) yang menyebutkan anggota Polri yang hilang di Aceh bernama Asep dengan pangkat terakhir ajun brigadir polisi (abrip) dilaporkan ditemukan di RSJ Banda Aceh. Asep merupakan anggota pasukan bawah kendali operasi Brimob Resimen II Kedung Halang Bogor, yang ditugaskan di Poskotis Brimob Peukan Banda Aceh, Aceh Besar pada 2004. 

Editor : Erwin C Sihombing