Banda Aceh Zona Merah, Tes Acak Dilakukan di Pelabuhan Ulee Lheue

Syukri Syarifuddin ยท Senin, 12 Juli 2021 - 14:17:00 WIB
Banda Aceh Zona Merah, Tes Acak Dilakukan di Pelabuhan Ulee Lheue
Satgas Covid-19 Banda Aceh melakukan pemeriksaan acak antigen kepada warga yang mau menyebarang ke Sabang di Pelauhan Ulee Lheue selama 9-19 Juli 2021. Warga yang dinyatakan positif diwajibkan isolasi mandiri. Foto: iNews.id/Syukri Syarifuddin

BANDA ACEH, iNews.id - Satgas Covid-19 Banda Aceh melakukan tes acak kepada penumpang yang mau menyeberang ke Pulau Sabang melalui Pelabuhan Ulee Lheue. Kegiatan ini dilakukan mengingat Kota Banda Aceh kembali masuk zona merah.

Tes acak antigen dilakukan di parkiran pelabuhan dan penumpang yang kedapatan positif dilarang untuk bepergian. Kebijakan ini dilakukan selama 9-19 Juli 2021.

"Yang dari luar harus tetap swab, jangan sampai yang dari luar masuk ke kita karena kita sudah zona merah. Namun dari Banda Aceh juga swab dulu supaya tidak membawa penyakit keluar," kata anggota Satgas Covid-19 Banda Aceh, Yusmarly Fitria, Senin (12/7/2021).

Menurut Yusmarly, tes acak ini dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku di Banda Aceh yang kini menerapkan PPKM skala mikro. Kasus positif Covid-19 di Banda Aceh sekarang ini masih cukup tinggi.

Pada kegiatan tes acak, Sabtu (10/7/2021), petugas menemukan calon penumpang dari Banda Aceh yang dinyatakan positif. Satgas langsung mengarahkan yang bersangkutan untuk mengikuti PCR di puskesmas dan tidak diizinkan menyeberang.

Editor : Erwin C Sihombing