Sah, Kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser Pindah dari Medan ke Banda Aceh 

Antara · Rabu, 17 Februari 2021 - 09:35:00 WIB
Sah, Kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser Pindah dari Medan ke Banda Aceh 
Penandatanganan prasasti oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi dan Dirjen KSDAE, Wiratno, saat meresmikan pemindahan Kantor Balai Taman Nasional Gunung Leuser dari Medan ke Banda Aceh. (Foto: ANTARA)

BANDA ACEH, iNews.id – Manajemen Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) memutuskan memindahkan kantornya dari Medan, Sumatera Utara (Sumut) ke Banda Aceh, Aceh. Hal ini disambut baik Pemerintah Aceh karena koordinasi antara keduanya akan lebih lancar dan cepat guna melindungi dan melestarikan kawasan Leuser. 
 
“Pilihan membuka kantor di Aceh adalah keputusan paling tepat agar komunikasi dengan Pemerintah Aceh lebih lancar. Sehingga kerja sama kedua belah pihak dalam melindungi dan melestarikan kawasan Leuser akan lebih efektif dan efisien,” kata Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Selasa (16/2/2021).
 
Pernyataan itu disampaikannya dalam pidato tertulis dibacakan Asisten II Setda Aceh, Mawardi di sela-sela Peresmian Kepindahan Kantor Balai Besar TNGL. Prasastinya ditandatangani Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi dan Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Wiratno.
 
Dia menjelaskan, lahirnya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh (UUPA) yang menegaskan bahwa pengelolaan kawasan TNGL merupakan kewenangan Pemerintah Aceh. Sehingga, berbagai kebijakan terkait perlindungan TNGL tidak lagi berada di bawah kendali Pemerintah pusat. 

“Dengan lahirnya regulasi baru tersebut, maka tidak efektif lagi kalau Balai Besar TNGL berkantor di Medan,” katanya.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2 3