Sidak Pasar Al-Mahirah, Ombudsman Aceh Sebut Fasilitas Parkir Semrawut

Jamal Pangwa · Jumat, 28 Mei 2021 - 09:48:00 WIB
Sidak Pasar Al-Mahirah, Ombudsman Aceh Sebut Fasilitas Parkir Semrawut
Ombudsman RI perwakilan Aceh menyidak Pasar Al-Mahirah Lamdingin, Banda Aceh. Ombudsman memiliki catatan-catatan yang harus dievaluasi Pemkot AcehFoto: iNews.id/Jamal Pangwa

BANDA ACEH, iNews.id - Ombudsman RI perwakilan Aceh menyidak Pasar Al-Mahirah Lamdingin, Banda Aceh, yang merupakan hasil relokasi dari Pasar Peunayong. Hasilnya, Ombudsman menemukan masih semrawutnya fasilitas parkir dan banyaknya pedagang kaki lima (PKL).

Kepala Ombudsman Aceh, Taqwaddin Husin, mengapresiasi, kerja Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh, dan para pedagang yang mau kooperatif. Namun dia memiliki catatan-catatan untuk pemkot memperbaiki fasilitas pasar.

"Berdasarkan pantauan langsung kami di lapangan, saat ini masih ada beberapa hal yang menjadi catatan perbaikan untuk Pemkot Banda Aceh. Diantaranya yaitu masalah parkir yang masih semrawut, terus infrastruktur jalan yang becek, serta sarana ibadah untuk pedagang dan para pelanggan atau pembeli," kata Taqwaddin, Kamis (27/5/2021).

Taqwaddin juga mendengarkan keluhan pedagang yang terganggu keberadaan PKL yang berdagang di luar areal pasar. Akibatnya pedagang resmi kehilangan omzet.

"Para pedagang tersebut mengeluh karena masih banyak pedagang tumpahan atau PKL yang berjualan di luar pasar, sehingga pembeli membeli sayuran dan buah-buahan di luar, tidak masuk ke dalam," tutur dia.

Dia mengatakan, Pemkot Banda Aceh, harus menertibkan PKL dan mengevaluasi operasional serta fasilitas di pasar. Namun dia memaklumi kondisi seperti ini terjadi karena masih dalam tahap transisi relokasi.

"Kita juga memaklumi, ini semua masih dalam proses, karena masih baru pindah beberapa hari dari tempat yang lama ke tempat baru. Namun perbaikan-perbaikan tersebut harus terus dilakukan dan menjadi perhatian pemerintah," katanya.  

Editor : Erwin Sihombing