Viral Satpol PP Tampar Pedagang Ikan, Mahasiswa Aceh Minta Kasatpol PP Evaluasi Anggota 

Jamal Pangwa · Jumat, 28 Mei 2021 - 09:28:00 WIB
Viral Satpol PP Tampar Pedagang Ikan, Mahasiswa Aceh Minta Kasatpol PP Evaluasi Anggota 
Tangkapan layar detik-detik petugas Satpol PP dan WH Kota Sabang menampar pedagang ikan saat penertiban lapak. (Foto: MNC Portal/Syukri Syarifuddin)

BANDA ACEH, iNews.id - Mahasiswa Aceh meminta Kasatpol PP mengevaluasi anggotanya yang menampar seorang pedagang ikan hingga video tersebut viral di sosial media (medsos). Sudah sepatutnya Satpol PP bersikap humanis bukan represif terhadap warga apalagi kalangan bawah.

Mahasiswa Aceh, Sulthan Alfaraby, menilai, meskipun peristiwa tersebut berakhir damai, Kasatpol PP dan Wilayatul Hisbah (WH) Aceh harus mengevaluasi anggotanya. Sebab tindakan kekerasan tersebut mempengaruhi penilaian publik terhadap kinerja Satpol PP.

"Sekiranya jika ada yang belum layak untuk turun ke lapangan maka jangan diturunkan. Jangan sampai kejadian tampar-menampar, Satpol PP itu harus jadi panutan bagi masyarakat, jika ada lagi maka saya minta untuk dipecat," kata Sulthan Alfaraby, Jumat (28/5/2021).

Video viral Satpol PP menampar pedagang ikan memperlihatkan kronologis kejadian. Bermula dari anggota berdiri dekat dengan seorang warga yang mengendarai motor namun tidak mengenakan masker dan helm. 

Oknum Satpol PP terlihat berkomunikasi dan menepuk-nepuk tangan warga tersebut. Warga itu pun sempat mengangkat tangan kanan dan menepis tangan oknum Satpol PP itu, yang dibalas dengan tamparan.

Sulthan berharap, Satpol PP di Aceh megedepankan pola persuasif kepada masyarakat. Meskipun masyarakat salah tidak harus mengambil langkah pemukulan yang bisa mempengaruhi psikologi masyarakat terhadap Satpol PP.

"Cara-cara persuasif adalah jalan yang efektif untuk meningkatkan eksistensi dan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Satpol PP. Sayangi wargamu seperti anda sekalian menyayangi keluarga sendiri," tuturnya. 

Editor : Erwin Sihombing