Tempat Wisata di Aceh Barat

Raihannisa Fitriah · Rabu, 13 Oktober 2021 - 13:57:00 WIB
Tempat Wisata di Aceh Barat
Tempat wisata di Aceh Barat, Krueng Tutut (Instagram/wisataaceh)

JAKARTA, iNews.id - Tempat wisata di Aceh Barat ini bisa menjadi pilihan tepat Anda saat berlibur di Provinsi Aceh.  Wilayah Aceh Barat tepat menghadap ke Samudera Hindia. Tidak heran bila tempat wisata di daerah ini kebanyakan pantai.

Kabupaten Aceh Barat pernah dihantam bencana tsunami pada tahun 2004 silam. Meski wilayah ini sempat luluh lantak, namun dalam jangka waktu beberapa tahun, Aceh Barat ini kembali bangkit. Bahkan, tempat wisata di wilayah ini menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

Ini tempat wisata di Aceh Barat berikut ini:

1. Pantai Suak Ribee

Tempat wisata di Aceh Barat, Pantai Suak Ribee (Instagram/Zulkiram3011)
Tempat wisata di Aceh Barat, Pantai Suak Ribee (Instagram/Zulkiram3011)

Tempat wisata di Aceh Barat yang pertama yakni Pantai Suak Ribee. Pantai ini menawarkan indahnya panorama terbenamnya matahari. Banyak sekali pengunjung yang berbondong-bondong di waktu sore hari hanya untuk melihat sunset sambil meneguk segelas kopi tubruk khas Aceh.

Lokasi pantai ini tidak jauh dari pusat kota. Anda hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 5 km saja dari kota Meulaboh. 

Selain menawarkan pemandangan sunset, pasir pantai Suak Ribee ini berwarna putih yang tentunya sudah menjadi daya tarik para pelancong. Semilir angin yang berhembus di tempat wisata ini akan membuat anda betah ingin berlama-lama di sini.

2. Pantai Lanaga

Tempat wisata di Aceh Barat  kedua yakni Pantai Lanaga. Keindahan pantai Lanaga sudah fenomenal di kalangan para wisatawan. Sampai warga Aceh menyebut pantai ini dengan nama pantai Bali karena pemandangannya yang elok layaknya pantai-pantai di Bali. 

Di pantai Lanaga ini, anda dapat menyewa fasilitas olahraga air seperti Jetsky. Gelombang ombak setinggi satu meter menjadi primadona bagi para peselancar di pantai Lanaga. Selain itu, tempat wisata yang berada di desa Bubon ini terkadang mengadakan kegiatan perlombaan perahu dengan berbagai desain yang unik. 


3. Masjid Agung Meulaboh

Tempat wisata di Aceh Barat, Masjid Agung Meulaboh (Foto: Instagram).
Tempat wisata di Aceh Barat, Masjid Agung Meulaboh (Foto: Instagram).

Tempat wisata di Aceh Barat selanjutnya Masjid Agung Meulaboh. Kalau sedari tadi membahas tempat wisata pantai sekarang beralih ke wisata religiusnya kota Aceh Barat.

Masjid Agung Baitul Makmur atau yang biasa disebut masjid Agung Meulaboh ini ternyata sangat bersejarah bagi masyarakat Aceh. Pasalnya, masjid ini menjadi tempat perlindungan masyarakat Aceh dari gelombang tsunami pada 26 Desember 2004. 

Keindahan dari interior maupun eksterior masjid ini akan membuat anda terkagum. Lantaran, konsep dari bangunan ini adanya perpaduan antara Timur Tengah, Aceh, dan Asia yang begitu menakjubkan. Wah, anda perlu sempatkan datang ke tempat wisata religi yang satu ini.

4. Krueng Tutut

Tempat wisata di Aceh Barat, Krueng Tutut (Instagram/wisataaceh)
Tempat wisata di Aceh Barat, Krueng Tutut (Instagram/wisataaceh)

Tempat wisata yang terakhir ini sangat tersembunyi dan jarang ada yang tahu. Makanya, Anda jangan sampai melewatkan Krueng Tutut ini sebagai destinasi wisata alam anda saat berlibur di Aceh Barat. 

Adapun pesona alam yang ditawarkan seperti sungai bening berwarna biru dan hutan tebing yang menjulang tinggi akan membuat siapapun yang berkunjung kemari terpukau.

Itu tempat wisata di Aceh Barat yang akan bikin para pengunjung ketagihan. Jika sudah mengunjunginya igin rasanya balik ke tempat itu lagi. Terus, kamu ingin datang ke tempat wisata yang mana dulu nih?

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: