Ubah Desa Rawan Narkoba di Lhokseumawe, Pemerintah Beri Bantuan dan Pelatihan

Armia Jamil · Kamis, 08 April 2021 - 09:13:00 WIB
Ubah Desa Rawan Narkoba di Lhokseumawe, Pemerintah Beri Bantuan dan Pelatihan
Pelepasan bibit lele di kolam bioflok Desa Mongeudong, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe. (Foto: iNews/Armia Jamil)

LHOKSEUMAWE, iNews.id - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Lhokseumawe dan Bank Indonesia membentuk Gampong Bersinar (Bersih dari Narkoba). Lokasi gampong ini ada di kawasan rawan narkoba, Desa Mongeudong, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe. 
 
Di gampong ini diadakan pembinaan sebagai upaya untuk menyelamatkan para pecandu narkoba. Caranya dengan memberikan bantuan input produksi dan pembinaan tentang budidaya ikan lele sistem bioflok dan menjahit. 
 
Sebanyak 60 pemuda Gampong/Desa Mongeudong menerima sejumlah bantuan. Di antaranya 20 kolam bioflok masing-masing berukuran 2 x 6 meter dan 2 x 3 meter. Selain itu juga diberikan 60.000 ekor bibit ikan lele serta bahan-bahan pendukung selama budidaya. 

Untuk remaja puteri, sebanyak 15 orang di gampong tersebut juga mendapatkan pelatihan keterampilan bordir.
 
Kepala BNNP Aceh, Brigjen Pol Heru Pranoto mengatakan, program pemberdayaan masyarakat dilakukan untuk menyelamatkan mereka yang terlibat narkoba. Caranya dengan memberikan lahan pekerjaan sehingga mereka mendapat penghasilan tetap.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2