150 Ekor Anak Penyu Dilepasliarkan ke Laut di Aceh Besar

Antara ยท Rabu, 31 Maret 2021 - 09:05:00 WIB
150 Ekor Anak Penyu Dilepasliarkan ke Laut di Aceh Besar
Anak penyu atau tukik dilepasliarkan ke laut di kawasan Pantai Joel Bungalow, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Selasa (30/3/2021). (Foto: ANTARA/Khalis Surry)

BANDA ACEH, iNews.id - Sedikitnya 150 ekor anak penyu dilepasliarkan ke laut di kawasan Pantai Joel's Bungalow, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Pelepasan ini merupakan upaya dalam melestarikan dan menjaga keseimbangan ekosistem laut.

"Pelepasan tukik atau anak penyu ini kami lakukan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga keseimbangan biota laut," ujar Pemilik Joel’s Bungalow Zulfitri di Aceh Besar, Selasa (30/3/2021).

Dia mengatakan tukik tersebut merupakan hasil penangkaran yang dilakukan di kawasan tempat usahanya. Selanjutnya, setelah menetas anak penyu itu langsung dilepas ke laut.

Menurutnya, telur penyu tersebut didapatkan dari warga di kawasan Pantai Lhoknga. Dia membeli telur penyu itu mulai harga Rp5.000 hingga Rp7.000 per butir.

"Jadi telur-telurnya memang kami beli dari warga sekitar Lhoknga ini karena kawasan Lhoknga ini memang tempat penyu bertelur. Ini juga bagian dari cara kami mengedukasi masyarakat untuk konservasi penyu," katanya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2