5 Makanan Tradisional Aceh yang Wajib Dicicipi Wisatawan

Siska Permata Sari · Sabtu, 28 Agustus 2021 - 09:17:00 WIB
5 Makanan Tradisional Aceh yang Wajib Dicicipi Wisatawan
Makanan Tradisional Aceh yang Wajib Dicicipi Wisatawan (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNews.id - Aceh terkenal sebagai daerah yang menyimpan banyak kuliner kaya rempah-rempah bercita rasa khas. Makanan tradisional ini wajib dicicipi wisatawan saat berkunjung ke Aceh.

Makanan-makanan tradisional Aceh tersebut juga memiliki cita rasa unik yang difavoritkan wisatawan. Mulai dari hidangan utama atau makanan berat, jajanan tradisional, hingga minuman kopi yang mempunyai cita rasa dan sejarah sendiri bagi masyarakat Aceh.

Jika anda sedang atau ingin liburan ke Aceh untuk menikmati keindahan alamnya, ada baiknya juga mencicipi ragam kulinernya. Sebab, makanan tradisional Aceh ini sangat unik dan sayang untuk dilewatkan.

Lantas, apa saja makanan tradisional Aceh? Berikut daftar makanan tradisional Aceh;

1. Mi Aceh

Makanan tradisional Aceh di urutan pertama ini ada Mi Aceh. Hidangan yang satu ini sangat populer. Tidak hanya di Aceh, tetapi juga di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan sekitarnya. 

Mi Aceh sendiri merupakan masakan mi pedas khas Aceh yang terdiri dari bahan-bahan mi kuning, daging (kambing atau sapi) atau makanan laut (udang dan ikan). Kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu rempah sejenis kari, seledri, daun bawang, dan bawang merah.

Selain itu, Mi Aceh juga mempunyai sejumlah variasi. Mulai dari digoreng  kering, ditumis dengan sedikit kuah dan Mie Aceh kuah. Hidangan ini paling enak disajikan bersama emping dan taburan bawang merah.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2 3