Gajah Betina Liar yang Mati di Pidie Diduga Keracunan

Jamal Pangwa · Jumat, 02 April 2021 - 15:41:00 WIB
Gajah Betina Liar yang Mati di Pidie Diduga Keracunan
Gajah betina liar yang mati di kubangan Pidie, Aceh. (Foto: BKSDA Aceh)

BANDA ACEH, iNews.id – Penyebab kematian gajah betina liar yang ditemukan mati membusuk di kubangan kerbau Biheu, Desa Papeun, Kecamatan Muara Tiga, Laweung, Kabupaten Pidie, Aceh diduga karena keracunan. Sebelumnya, warga sempat melihat gajah tersebut lemas, kurus dan terpisah dari koloninya. 

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh (BKSDA), Agus Arianto menyampaikan, dari hasil olah TKP di sekitar lokasi, tidak ditemukan hal atau barang yang mencurigakan. Diduga, gajah yang diperkirakan berusia 30 tahun itu mati keracunan.

“Dari hasil nekropsi yang dilakukan secara makroskopis dan hasil informasi di lapangan, kematian satwa diduga karena keracunan (penyakit yang diakibatkan efek dari keracunan),” katanya, Jumat (2/4/2021). 

Dia juga menjelaskan, hewan mamalia itu mati tujuh hari sebelum ditemukan. Ini terlihat dari kondisi bangkai yang sudah membusuk dan isi perut yang sebagian sudah terburai keluar. 

Agus menegaskan, dari badan gajah juga tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan fisik seperti luka tembak, tusuk, sayat, bakar atau trauma lainnya. Yang terlihat hanya kerusakan karena pembusukan jaringan secara alami.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2 3