Gajah Liar Rusak Kebun Masyarakat di Bener Meriah, BKSDA Aceh Kerahkan Tim CRU

Antara · Selasa, 29 Desember 2020 - 19:12:00 WIB
Gajah Liar Rusak Kebun Masyarakat di Bener Meriah, BKSDA Aceh Kerahkan Tim CRU
Dokumentasi Tim BKSDA dan FKL memasang alat pelacak posisi pada seekor gajah di i Ranto Peureulak, Aceh Timur, Jumat (11/9/2020). (Foto: Antara)

BANDA ACEH, iNews.id - Kawanan gajah liar dilaporkan merusak kebun masyarakat di Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh mengerahkan tim mengatasi gangguan tersebut. 

Kepala BKSDA, Aceh Agus Arianto mengatakan, tim yang menangani gangguan gajah tersebut dikerahkan dari Conservation Response Unit (CRU) DAS Peusangan. Tim dengan dibantu masyarakat menggiring kawanan gajah menjauh dari kebun masyarakat.

"Tim CRU bersama masyarakat sedang melakukan penggiringan kawanan gajah menjauh dari kawasan kebun masyarakat," kata Agus Arianto, Selasa (29/12/2020). 

Agus Arianto menyebutkan, posisi kawanan gajah tersebut sudah tersekat. Kawasan gajah liar itu berasal dari Sawang, Kabupaten Aceh Utara.

Mereka masuk ke kawasan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah karena wilayah tersebut merupakan lintasan atau area jelajah satwa dilindungi tersebut. Mereka tersekat di antara pembatas atau 'barrier' dan kawat kejut yang dibuat untuk mencegah kawanan gajah liar masuk ke wilayah tersebut.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2