Gerombolan Ternak di Pidie Berkeliaran di Pusat Kota, Makan Rumput di Taman

Antara ยท Jumat, 19 November 2021 - 08:59:00 WIB
Gerombolan Ternak di Pidie Berkeliaran di Pusat Kota, Makan Rumput di Taman
Ternak lembu di Pidie, Aceh berkeliaran di pusat kota dan makan rumut di taman (Antara)

PIDIE, iNews.id - Kawanan hewan ternak berkeliaran di jalanan kawasan pusat kota Sigli Kabupaten Pidie, Provinci Aceh. Hal ini mengganggu warga dan pengguna jalan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hitsbah (Satpol-PP dan WH) Pidie, Farizal mengatakan hewan ternak yang berkeliaran seperti Lembu hanya bisa diusir ke tempat lain.

Tampak, lembu-lembu itu berada di sebuah taman kota. Mereka bergerombol dan memakan rumput di lokasi itu.

"Hewan itu hanya bisa kami usir ke tempat lain, ketika diusir pun risiko tinggi bagi pengendara, dikhawatirkan terjadi kecelakaan bagi yang melintas di jalan tersebut," kata Farizal, Jumat (19/11/2021).

Farizal menjelaskan, sebenarnya sudah ada dalam Qanun Kabupaten Pidie Nomor 7 tahun 2012 Tentang Penertiban Pemeliharaan Ternak Dalam Kabupaten Pidie.

Ia mengatakan Ternak yang ditangkap sebagaimana yang dimaksud pada ayat (1) pemeliharaan dan perawatannya dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan dan ditempatkan di kandang penampungan yang tempatnya ditentukan dengan Keputusan Bupati.

"Namun semuanya tidak bisa dijalankan sesuai dengan pasal yang dimaksud karena belum mempunyai fasilitas kandang tempat penampungan sementara," katanya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: