Picu Kerumunan, Vaksinasi Berhadiah di Banda Aceh Rawan Pelanggaran Prokes 

Antara, Syukri Syarifuddin · Jumat, 09 Juli 2021 - 14:35:00 WIB
Picu Kerumunan, Vaksinasi Berhadiah di Banda Aceh Rawan Pelanggaran Prokes 
vaksinasi massal Covid-19 berhadiah yang dilaksanakan di Taman Bustanul Salatin, Banda Aceh, Kamis (8/7/2021), memicu kerumunan dan rawan pelanggaran prokes. Foto: iNews.id/Syukri Syarifuddin

BANDA ACEH, iNews.id - Kegiatan vaksinasi massal Covid-19 berhadiah yang dilaksanakan di Taman Bustanul Salatin, Banda Aceh, rawan pelanggaran protokol kesehatan (prokes). Pasalnya terjadi kerumunan warga dan terlihat petugas tidak sigap melakukan langkah antisipasi.

Vaksinasi massal berhadiah digelar Pemkot Banda Aceh dengan tujuan mempercepat penyaluran hingga mencapai 60 persen sasaran kalangan umum dan lansia. Namun warga di sejumlah kecamatan di Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar menjadi was-was melihat kerumunan itu.

Warga yang mengikuti vaksinasi massal mendapat hadiah sembako berupa minyak dan gula pasir. Disediakan pula doorprize yang stand nya dipadati warga untuk mengikuti undian.

Pemkot Banda Aceh menargetkan 1.000 warga mengikuti vaksinasi massal setiap harinya untuk menekan penyebaran Covid-19. Namun langkah meningkatkan partisipasi warga melalui kegiatan vaksinasi berhadiah ini bertentangan dengan imbauan dan anjuran pemerintah untuk selalu menjaga protokol kesehatan.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Saifullah Abdulgani, mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi, Banda Aceh kini kembali menjadi zona merah. Hanya mampu dua pekan secara berturut-turut turun status ke zona oranye.

Editor : Erwin C Sihombing

Halaman : 1 2