Warga Pidie Jaya Minta Jalan di Trienggadeng dan Meureudu Diperbaiki

Jamal Pangwa · Rabu, 09 Juni 2021 - 12:53:00 WIB
Warga Pidie Jaya Minta Jalan di Trienggadeng dan Meureudu Diperbaiki
Infrastruktur jalan di Pidie Jaya memprihatinkan. Warga berharap pemerintah memprioritaskan infrastruktur jalan tahun 2021 ini. Foto: iNews.id/Jamal Pangwa

PIDIE JAYA, iNews.id  - Warga Pidie Jaya, Aceh, meminta pemerintah kabupaten (pemkab) memperbaiki jalan lintas di Kecamatan Trienggadeng dan Kecamatan Meureudu. Warga berharap perbaikan infrastruktur menjadi prioritas pada 2021 ini.

Warga Pidie Jaya, Fikar, mengatakan, buruknya kualitas jalan berdampak pada mobilitas warga. Bahkan kawasan tersebut menjadi rawan kecelakaan lalu lintas.

"Jalan ini sejak dulu sudah seperti ini rusaknya, namun ada yang lakukan pelebaran jalan, tetapi kerusakan tetap masih ada," kata Fikar, Rabu (9/6/2021).

Jalan lintas Kecamatan Trienggadeng menuju Kecamatan Meureudu selalu rusak sejak pemekaran Kabupaten Pidie Jaya pada 2007. Artinya pengerjaan perbaikan infrastruktur jalan di Pidie Jaya tidak maksimal.

Contoh konkret buruknya kondisi jalan dapat ditemui di Kawasan Jembatan, Desa Cot Lheue Rieng hingga Pasar Ikan, Desa Deah Pangwa yang kondisinya sangat memprihatikan. Buruknya kondisi jalan sering mengakibatkan kecelakaan tunggal akibat mengelak lubang.

Kabid Bina Marga Dinas PU Pidie Jaya, Edi Saputra,ST, membenarkan bahwa kondisi ruas jalan sepanjang 3 km itu mengalami kerusakan yang sangat memprihatikan selama ini. Namun, menurut dia, kewenangan memperbaiki jalan ada di Dinas PU Pemprov Aceh bukan ranah pemkab. 

"Tahun ini informasinya ada sekitar Rp12 miliar anggarannya untuk pembangunan jalan ini. Tetapi kami tak tahu di mana titik pembangunannya, jadi kami akan koordinasikan lagi dengan pihak PU provinsi nantinya," kata  Edi.

Editor : Erwin Sihombing